terkini

Ads Google

Hari Angklung Sedunia Warisan Asal Indonesia

Sri Handayani
11/16/22, 01:09 WIB Last Updated 2022-11-15T18:11:37Z

Hari Angklung Sedunia adalah hari penting untuk memperingati hari ketika angklung diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia asal Indonesia. - Sumber foto: Kaskus



KabaranID, - Hari Angklung Sedunia adalah hari penting untuk memperingati hari ketika angklung diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia asal Indonesia.


Tahukah kamu Hari Angklung Sedunia? Hari Angklung Sedunia diperingati pada tanggal 16 November setiap tahunnya.


Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Hari Angklung Sedunia 16 November, simak informasi sejarah hingga cara memperingatinya berikut ini.


Sejarah Hari Angklung Sedunia
Sejarah Hari Angklung Sedunia diperingati setiap tanggal 16 November ditetapkan berdasarkan tanggal diakuinya angklung sebagai Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan asal Indonesia oleh UNESCO. Kapan angklung diakui oleh UNESCO adalah pada tanggal 16 November 2010.

Seperti dilansir situs resminya, komite UNESCO mengadakan pertemuan Fifth Session of the Intergovernmental Committee (5.COM) di Nairobi, Kenya, pada 15-19 November 2010. Dalam pertemuan itu, Indonesia telah mengusulkan angklung untuk masuk Daftar Perwakilan Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity).


Dari hasil pertemuan komite UNESCO tersebut, angklung Indonesia dinilai telah memenuhi kriteria-kriteria dan diakui sebagai Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan asal Indonesia. UNESCO menetapkan angklung Indonesia sebagai warisan budaya dunia asal Indonesia pada tanggal 16 November 2010.


Alasan Angklung Diakui oleh UNESCO
Tentunya bukan tanpa suatu alasan UNESCO mengakui angklung Indonesia sebagai Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan. UNESCO menilai angklung Indonesia telah memenuhi kriteria-kriteria prasasti Daftar Perwakilan Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan.

Angklung yang merupakan alat musik tradisional asli Indonesia akan ikut menyemarakkan gelaran Piala Dunia 2022 Qatar.


Piala Dunia 2022 Qatar bakal digulirkan mulai 20 November hingga 18 Desember mendatang.


Qatar sebagai negara tuan rumah pun menggandeng banyak pihak untuk membuat Piala Dunia 2022 semakin semarak.


Salah satu pihak yang digandeng panitia penyelenggara Piala Dunia 2022 Qatar adalah Katara Cultural Village Foundation.


Katara merupakan pusat kebudayaan yang berlokasi di Doha dan kerap menampilkan pertunjukan teater, sastra, musik, seni visual, dan pameran.


Pada Piala Dunia 2022 kali ini, Katara bekerja sama denga kantor keudataan berbagai negara untuk membuat pertunjukan seni guna menyambut turnamen sepak bola terakbar tersebut.


Dilansir dari laman resmi Katara, mereka bekerja sama dengan Kedutaan Besar Indonesia di Qatar menggelar ekshibisi musik angklung di Al-Ibdaa Courtyard Gedung Katara pada 18-28 November dari pukul 18.00 hingga 20.00 waktu setempat.


Adapun dalam pelaksanaan ekshibisi tersebut, Katara dan Kedutaan Besar Indonesia untuk Qatar juga bekerja sama dengan Saung Angklung Udjo Bandung.


"Mari datang dan jelajahi sekilas keindahan Indonesia, tidak hanya untuk menyaksikan pertunjukan spektakuler tetapi juga ambil bagian dalam acara unik ini dengan bisa belajar memainkan angklung,"


Adapun turnamen di Qatar kali ini akan menjadi edisi ke-22 dari Piala Dunia FIFA.


Turnamen tersebut merupakan Piala Dunia kedua di Asia setelah edisi 2002 di Korea Selatan dan Jepang sekaligus yang pertama digelar di kawasan Arab.


Pembukaan Piala Dunia 2022 akan dilangsungkan di Stadion Al Bayt, Al Khor, pada Minggu (20/11/2022).


Stadion berkapasitas 60.000 penonton tersebut juga akan menjadi arena laga pembuka Piala Dunia 2022 yang akan mempertemukan tuan rumah Qatar dengan wakil Amerika Selatan, Ekuador.


Laga Qatar vs Ekuador pada partai pembuka Piala Dunia 2022 tersebut bakal dilangsungkan setelah upacara pembukaan yakni pukul 23.00 WIB. (BD20/Dtk/Kom)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Hari Angklung Sedunia Warisan Asal Indonesia

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x