terkini

Ads Google

Zulkifli Hasan Kembali Pimpin PAN untuk 2024-2029

Redaksi
6/30/24, 22:40 WIB Last Updated 2024-06-30T15:40:59Z

 



Kabaran Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga Mauladi, mengumumkan bahwa seluruh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN se-Indonesia menyatakan dukungannya kepada Zulkifli Hasan atau Zulhas untuk kembali menjadi ketua umum PAN periode 2024-2029. Dukungan tersebut dinyatakan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-4 PAN yang digelar di kantor DPP PAN, Jakarta, pada Sabtu (29/6/2024).


"Kami meminta kepada Ketua Umum PAN Saudaraku Bang Zulkifli Hasan untuk memimpin kembali PAN pada periode selanjutnya," kata Viva di arena Rakernas. Dukungan ini diberikan secara tertulis oleh seluruh DPW PAN, yang merupakan hasil dari kesepakatan bersama dalam Rakernas tersebut.


Viva Yoga menyebut bahwa mereka telah memberikan dukungan secara tertulis untuk Menteri Perdagangan itu. "Ada bukti surat pernyataan bermaterai yang menyatakan untuk mendukung kembali saudara Bang Zulkifli Hasan untuk memimpin PAN dalam periode selanjutnya," ujarnya. Namun, Viva tidak mengungkapkan kapan kongres akan digelar untuk menetapkan Zulkifli Hasan sebagai Ketua Umum 2024-2029.


Senada dengan Viva Yoga, Wakil Ketua Umum DPP PAN Yandri Susanto juga menyatakan bahwa DPW PAN menyerahkan dukungan kepada Zulkifli Hasan untuk kembali menjadi Ketua Umum PAN. Dukungan tersebut diberikan berdasarkan kesepakatan dari 38 DPW PAN. "21 DPW sudah menyerahkan (lebih dulu), ini 17 DPW," kata Yandri.


Dukungan ini diberikan dalam acara Rakernas 4 PAN, di DPP PAN, Jakarta Selatan, Sabtu (29/6/2024). Zulhas menerima langsung dukungan tersebut. "Mohon Ketum langsung menerima dukungan tertulis dari seluruh DPW. Dukungan tertulis untuk meminta Ketum kembali memimpin PAN, lanjutkan," sambungnya.


PAN Serahkan 8 Rekomendasi Pilgub


Pada kesempatan yang sama, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN memberikan surat rekomendasi kepada delapan pasangan calon untuk diusung dalam Pilkada Serentak 2024. Salah satunya adalah pasangan Ahmad Ali-Abdul Karim Aljufri untuk maju di Pilgub Sulawesi Tengah (Sulteng). Rekomendasi ini diberikan dalam rangkaian acara Rakernas 4 PAN, di DPP PAN, Jakarta Selatan, Sabtu (29/6/2024).


Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan memberikan langsung SK rekomendasi tersebut. Berikut daftar SK rekomendasi yang diberikan oleh PAN:


  1. Murad Ismail-Michael Wattimena (Pilgub Maluku)
  2. Ahmad Ali-Abdul Karim Aljufri (Pilgub Sulteng)
  3. Helmi Hasan-Mian (Pilgub Bengkulu)
  4. Muhidin-Hasnuryadi Sulaiman (Pilgub Kalsel)
  5. Meki Nawipa (Pilgub Papua Tengah)
  6. Supian Hadi (Pilgub Kalteng)
  7. Epyardi Asda (Pilgub Sumbar)
  8. Haris-Abdullah Sani (Pilgub Jambi).


PAN Jagokan Ahmad Ali Sebagai Cagub Sulteng dan Murad Ismail Cagub Maluku


Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan secara khusus menyapa Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali yang turut hadir di lokasi Rakernas PAN yang digelar di DPP PAN, Jakarta Selatan, Sabtu (29/6/2024). Zulhas, sapaan akrabnya, mulanya menyapa para calon yang akan diusung dalam pilkada serentak 2024. "Ini ada teman kita, Pak Murad Gubernur Maluku," ujarnya.


Kemudian Zulhas lanjut menyapa Ahmad Ali. Zulhas mengatakan Ahmad Ali akan menjadi calon tunggal di Pilgub Sulteng. "Ada sahabat dekat kita Pak Ahmad Ali, ini kayanya calon tunggal untuk Gubernur Sulteng. Memang kita rajin mengundang saudara Ahmad Ali karena kami rasanya sangat dekat," ujarnya.


Zulhas kembali melanjutkan menyapa para calon lainnya dan juga para kader PAN yang hadir. Saat Rakernas ini, Zulkifli Hasan memberikan SK DPP PAN tentang penetapan calon gubernur dan wakil gubernur dalam format B1 KWK. Surat dukungan secara langsung sudah diserahkan oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.


Liputan : Gus Din


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Zulkifli Hasan Kembali Pimpin PAN untuk 2024-2029

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x