terkini

Ads Google

Bobby Nasution Siap Maju Pilkada Gubernur Sumut

Sri Handayani
7/02/24, 15:07 WIB Last Updated 2024-07-02T08:07:07Z
Bobby Nasution Siap Maju Pilkada Gubernur Sumut
Bobby Nasution Siap Maju Pilkada Gubernur Sumut
Bobby Nasution Siap Maju Pilkada Gubernur Sumut

Kabaran.ID, - Bobby Nasution telah menyatakan kesiapannya untuk bertarung memperebutkan posisi Gubernur Sumatera Utara dalam Pilkada 2024.

Saat ini menjabat sebagai Wali Kota Medan, Bobby memiliki peluang besar untuk memenangkan kursi tersebut.

Selain Bobby Nasution, nama-nama lain yang juga mencuat sebagai calon gubernur Sumatera Utara (Sumut) adalah Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah.

Vote Institute telah melakukan survei terhadap elektabilitas ketiga calon gubernur Sumut ini, dengan mengambil sampel dari 1.800 responden di 33 kota dan kabupaten Sumut.

Berikut ini adalah profil singkat mereka serta hasil surveinya.

Muhammad Bobby Afif Nasution, lahir pada 5 Juli 1991, adalah menantu dari Presiden Joko Widodo. Bobby adalah lulusan Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan jurusan Agribisnis, dan melanjutkan pendidikan S2 di Fakultas Manajemen dan Bisnis IPB pada tahun 2015.

Saat ini, Bobby menjabat sebagai Wali Kota Medan untuk periode 2021-2024, didukung oleh delapan partai besar. Dia dikenal sebagai seorang pemimpin yang tegas dalam menjalankan peraturan, dan pernah mengapresiasi kepolisian atas tindakan menembak mati begal.

Menurut survei yang dilakukan oleh Vote Institute, Bobby memiliki tingkat elektabilitas tertinggi dalam pemilihan gubernur Sumatera Utara, dengan hasil survei menunjukkan bahwa elektabilitasnya mencapai 35,2 persen.

Edy Rahmayadi, lahir pada 10 Maret 1961 di Aceh, adalah seorang lulusan Akademi Militer pada tahun 1985. Sejak kecil, Edy sudah terbiasa dengan kehidupan militer karena ayahnya adalah anggota Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU).

Setelah pensiun dari dinas militer, Edy, yang merupakan purnawirawan Letnan Jenderal TNI, mencalonkan diri dan menjabat sebagai gubernur Sumatera Utara untuk periode 2018-2023. Saat mencalonkan diri sebagai gubernur, Edy mendapat dukungan penuh dari partai Gerindra.

Survei elektabilitas menunjukkan bahwa Edy memiliki tingkat dukungan sebagai calon gubernur Sumut pada tahun 2024 sebesar 23,1 persen. Angka tersebut tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan Bobby. Hal ini menjadikan Edy sebagai rival terkuat Bobby dalam Pemilihan Gubernur Sumut 2024.

Selain Bobby dan Edy, Musa Rajekshah juga dikenal sebagai calon kuat untuk posisi gubernur Sumatera Utara. Lahir pada 1 April 1974, Musa Rajekshah, yang biasa dipanggil Ijeck, menyelesaikan pendidikan doktoralnya dalam studi pembangunan di Universitas Sumatera Utara pada tahun 2024.

Ijeck sebelumnya menjabat sebagai wakil gubernur Sumatera Utara untuk periode 2018-2023, mendampingi Edy Rahmayadi. Survei yang dilakukan oleh Vote Institute menunjukkan bahwa elektabilitas Ijeck sebagai calon gubernur Sumut pada tahun 2024 hanya mencapai 7,8 persen. Angka tersebut relatif rendah dibandingkan dengan kedua pesaingnya.

Namun, tampaknya Ijeck tidak akan mengikuti Pemilihan Gubernur Sumut. Hal ini disebabkan karena partai pengusungnya, Golkar, telah memutuskan untuk menarik dukungannya, setelah Ijeck terpilih sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk periode 2024-2029. *

Kontributor: Mas Bons
Editor: Warsono
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bobby Nasution Siap Maju Pilkada Gubernur Sumut

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x