terkini

Ads Google

Demi Jaga Marwah, Pengurus PWI Bandung Raya Desak KLB Segera

Sri Handayani
7/19/24, 20:55 WIB Last Updated 2024-07-19T13:55:19Z
Demi Jaga Marwah, Pengurus PWI Bandung Raya Desak KLB Segera
Demi Jaga Marwah, Pengurus PWI Bandung Raya Desak KLB Segera

Kabaran.ID, Bandung - Seluruh pengurus dan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) se-Bandung Raya, termasuk PWI Kota Bandung, PWI Kota Cimahi, PWI Kabupaten Bandung Barat, dan PWI Cianjur, menuntut kepada PWI Jawa Barat agar Ketua Umum PWI Pusat, Hendrik CH Bangun, dicopot dari jabatannya. Mereka menganggap Hendrik telah mencemarkan nama baik organisasi PWI yang bersih, dan mendesak agar segera diadakan Konferensi Luar Biasa (KLB) untuk memilih Ketua Umum yang baru demi menjaga marwah PWI di mata publik.

Aksi unjuk rasa yang dihadiri sekitar 150 anggota dan pengurus Koorwil PWI Daerah dari berbagai wilayah di Bandung Raya dan Cianjur ini berlangsung di Kantor PWI Jawa Barat, Jalan Wartawan Buah Batu Bandung, pada Jumat (19/7/2024).

Para demonstran diterima langsung oleh Ketua Umum PWI Jawa Barat, Hilman Hidayat, bersama pengurus lainnya seperti Ahmad Syukri dan H. Ardiansyah (Andi). Mereka menyampaikan tuntutan agar Hendrik CH Bangun dicopot karena dianggap telah merusak reputasi PWI yang bersih di mata masyarakat, dan mendesak agar KLB segera diadakan. Mereka juga mengancam akan melakukan aksi unjuk rasa yang lebih besar lagi ke PWI Pusat di Jakarta jika aspirasi mereka tidak direspon.

Hilman Hidayat dengan tegas menyatakan bahwa pihaknya akan menyampaikan aspirasi tersebut ke PWI Pusat. Hilman menegaskan bahwa organisasi PWI yang didirikan tahun 1946 belum pernah menghadapi situasi seperti ini sebelumnya. Dia juga menyampaikan bahwa aksi para wartawan ini memberikan semangat untuk menyampaikan aspirasi mereka, dengan harapan ada solusi yang menguntungkan semua pihak.

Menurut Hilman, masalah ini muncul akibat tindakan korupsi yang diduga dilakukan oleh Ketua Umum PWI Pusat, yang berdampak buruk pada organisasi PWI di seluruh Jawa Barat dan provinsi lainnya, menyebabkan PWI hampir vakum. Hilman menambahkan bahwa ketua PWI Ciamis bahkan sempat berselisih dengan organisasi masyarakat lainnya dan menjadi korban pelecehan akibat masalah yang terjadi di tingkat pusat.

Hilman juga menyampaikan rasa prihatinnya terhadap PWI daerah yang menjadi sasaran pelecehan dari organisasi lain, sebagai dampak dari keburukan pengurus PWI Pusat. Dia mengungkapkan bahwa banyak program yang telah direncanakan dengan mitra-mitra mereka dibatalkan karena ulah oknum yang hanya mementingkan keuntungan pribadi.

Hilman berjanji akan segera menyampaikan seluruh aspirasi wartawan PWI Daerah kepada pengurus PWI Pusat. Dia berharap aspirasi mereka didengar, dan jika tidak, PWI Jawa Barat siap bergerak untuk melakukan aksi yang lebih besar lagi. Hilman bahkan berjanji akan menggerakkan massa yang lebih banyak jika diperlukan, dengan menggunakan ratusan bus untuk mendatangi PWI Pusat.

Editor: Mas Bons
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Demi Jaga Marwah, Pengurus PWI Bandung Raya Desak KLB Segera

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x