terkini

Ads Google

Duel Penentuan Klasemen Grup A Piala AFF U-19

Redaksi
7/23/24, 08:37 WIB Last Updated 2024-07-23T01:37:43Z



Kabaran Sport,- Duel penentuan klasemen akhir Grup A Piala AFF U-19 akan tersaji di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Timnas Indonesia U-19 dijadwalkan akan bersua Timor Leste U-19 pada Selasa (23/7/2024) malam. Pertandingan ini sangat penting bagi kedua tim untuk menentukan nasib mereka di turnamen.


Dikutip dari Bola.com timnas Indonesia U-19 sudah mengemas enam poin hasil dari dua kemenangan. Sedangkan Timor Leste U-19 baru mengoleksi tiga poin dari satu kemenangan dan satu kekalahan di Grup A. Kemenangan Indonesia melawan Filipina U-19 dengan skor 6-0 pada 17 Juli 2024, dan kemenangan 2-0 atas Kamboja U-19 pada 20 Juli 2024, menempatkan mereka dalam posisi yang lebih baik untuk lolos ke semifinal.


"Ada dua hal yang mungkin kita antisipasi. Satu, apakah dia melayani kita dengan pertandingan terbuka, karena dia perlu menang. Atau, mereka realistis seperti Kamboja kemarin melayani kita yang main defending," kata Indra Sjafri, pelatih Timnas Indonesia U-19. Ungkapan ini merujuk pada strategi bertahan yang diterapkan oleh Kamboja dalam pertandingan sebelumnya, di mana mereka menyulitkan Indonesia di babak pertama dengan formasi 5-4-1.


Kamboja mampu bermain disiplin menjaga pertahanan dan melakukan serangan balik cepat. Timnas Indonesia U-19 kesulitan dengan strategi parkir bus Kamboja, namun berhasil mencetak gol di menit ke-71 melalui sundulan Kadek Arel dan di menit ke-86 melalui Iqbal Gwijangge. Meskipun sudah mengemas enam poin, Indonesia belum pasti lolos ke semifinal.


"Dengan pengalaman kita kemarin, saya pikir anak-anak lebih percaya diri untuk bisa menghadapi tim-tim yang bermain dengan deep defending dan kami melakukan persiapan untuk itu," ujar Indra Sjafri. Kepercayaan diri ini diharapkan bisa membantu tim menghadapi Timor Leste yang juga memiliki gaya bermain defensif.


Pelatih Timor Leste, Eduardo Pereira, menyebutkan bahwa Timnas Indonesia U-19 memiliki tim yang lebih bagus. Di atas kertas, Garuda Muda memang lebih diunggulkan untuk menang. “Tim Indonesia melakukan banyak persiapan. Mereka tim bagus, bahkan sudah pernah try out ke luar negeri. Saya fokus pada tim saya bagaimana bisa mengimbangi,” kata Eduardo Pereira. Try out yang dimaksud adalah Toulon Cup 2024 di Perancis, di mana Timnas Indonesia U-20 tampil meskipun selalu kalah dalam lima pertandingan.


“Saya minta pemain belakang, apa yang diinstruksikan kepada pemain saya untuk tidak membuat kesalahan. Kami harus bisa menghadapi Indonesia,” ucap Eduardo Pereira. Kendala fasilitas yang dihadapi sepak bola Timor Leste, terutama lapangan yang tidak begitu baik, menjadi tantangan tersendiri bagi mereka. Namun, mereka tetap bertekad untuk berjuang selama 90 menit di lapangan.


Timor Leste U-19 sempat memainkan kiper Egidio Oliveira saat melawan Kamboja U-19. Meskipun tampil apik, Egidio mengalami cedera dan digantikan oleh Alexandre Quintao yang kebobolan dua gol melawan Filipina. Belum diketahui apakah Egidio bisa bermain melawan Timnas Indonesia U-19.


Pertandingan ini menjadi penentu siapa yang akan melaju ke semifinal dari Grup A. Timnas Indonesia U-19, dengan dukungan penuh dari suporter di Stadion Gelora Bung Tomo, diharapkan bisa mengatasi Timor Leste dan memastikan tempat di semifinal. Dukungan dan antusiasme masyarakat Indonesia sangat diharapkan untuk memberikan semangat lebih bagi para pemain muda yang berjuang demi negara.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Duel Penentuan Klasemen Grup A Piala AFF U-19

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x