terkini

Ads Google

Kajian Spesial Remaja Sambut Tahun Baru Islam 1446 H

Redaksi
7/14/24, 19:10 WIB Last Updated 2024-07-14T12:10:37Z


KABARAN MERANTI, - Momentum tahun baru Islam 1446 Hijriyah dimanfaatkan oleh sejumlah remaja di Kabupaten Kepulauan Meranti untuk mengadakan kajian spesial. Bertempat di Masjid Al-Falah Selatpanjang, Minggu 14 Juli 2024, acara ini mengundang antusiasme besar dari para remaja di daerah tersebut.



Tidak seperti hari biasanya, pagi Ahad ini Masjid Al-Falah Selatpanjang ramai didatangi oleh para remaja dari berbagai sekolah di Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti. Perwakilan dari remaja masjid dan rohis sekolah tingkat SMP, MTS, SMA, SMK, dan Aliyah sederajat memenuhi ruangan Masjid Al-Falah.



Dalam sambutannya, Ketua Laznas Dewan Dakwah Kabupaten Kepulauan Meranti, Ust. Andrean Hidayat, S.Sos., menyampaikan bahwa acara tersebut sengaja dilakukan untuk mengajak generasi muda Islam, khususnya remaja di Kabupaten Kepulauan Meranti, untuk memanfaatkan momentum pergantian tahun baru Islam. "Alhamdulillah kajian spesial tahun baru Muharram 1446 H kali ini kami mengangkat tema Pemuda Berperan Bukan Baperan. Sengaja kita hadirkan Ust. Irza Kurniawan, S.Sos., yang beliau merupakan salah satu anak muda inspiratif dari Meranti yang kuliahnya mendapatkan beasiswa dari Kerajaan Arab Saudi di University Islam of Madinah. Semoga dengan adanya kajian spesial ini membawa inspirasi kepada remaja dan anak muda Meranti untuk ke depan lebih baik," ungkap alumni STID Muhammad Natsir Jakarta ini.



Lanjut beliau juga menyampaikan keprihatinannya terhadap semangat remaja masjid hari ini untuk menghadiri kajian keislaman. "Melihat kondisi era zaman sekarang ini kita punya peran penting dalam mengawal para remaja hari ini. Perhatian kita harus lebih serius lagi terhadap remaja. Apalagi di zaman yang penuh dengan tantangan. Remaja harus siap dengan segala kondisinya. Maka salah satu hal penting adalah kita menyiapkan mental spiritual remaja agar tidak mudah terjerumus ke dalam hal kemaksiatan dan perilaku negatif lainnya," imbuh Ust. Andre.



Dalam kajiannya, Ust. Irza Kurniawan, S.Sos., menyampaikan kisah-kisah inspiratif dari generasi muda para nabi dan rasul, juga para sahabat nabi yang di usia mudanya menjadi pemimpin perang, pengusaha, bahkan duta perwakilan negara. Selain itu, tidak terlupakan juga kisah Muhammad Al-Fatih yang di usia mudanya mampu menaklukkan kota Konstantinopel.



Acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Kepulauan Meranti, Dasuki, SH, Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Meranti, Ilham Sukri, SE, Ketua Perhimpunan Remaja Masjid (PRIMA) DMI Meranti, Rian Afandi, S.Sos., dan sejumlah undangan lainnya. Acara ditutup dengan pembagian doorprize bagi yang bertanya dan bisa menjawab soalan dari pemateri, serta foto bersama.



Momentum tahun baru Islam 1446 Hijriyah ini diharapkan dapat menjadi titik tolak bagi remaja di Kabupaten Kepulauan Meranti untuk lebih berperan aktif dalam kegiatan keislaman dan sosial. Dengan adanya kajian spesial ini, semoga generasi muda Meranti semakin terinspirasi untuk meneladani kisah-kisah heroik dan berprestasi dari para pemuda Islam terdahulu. 



Melalui acara ini, para remaja diingatkan kembali akan pentingnya peran mereka dalam membangun masa depan yang lebih baik. Seperti yang disampaikan oleh Ust. Andrean, "Remaja harus siap dengan segala kondisinya. Maka salah satu hal penting adalah kita menyiapkan mental spiritual remaja agar tidak mudah terjerumus ke dalam hal kemaksiatan dan perilaku negatif lainnya,"katanya. 



Acara ini merupakan salah satu upaya nyata dari Laznas Dewan Dakwah Kabupaten Kepulauan Meranti untuk membentuk karakter generasi muda yang tangguh dan berakhlak mulia. Dengan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan kegiatan seperti ini dapat terus berlangsung dan memberi dampak positif bagi perkembangan remaja di Kabupaten Kepulauan Meranti.



Momentum tahun baru Islam 1446 Hijriyah ini juga menjadi ajang bagi para remaja untuk saling berbagi inspirasi dan pengalaman, serta memperkuat ukhuwah Islamiyah di antara mereka. Semoga dengan semangat tahun baru Islam ini, para remaja di Kabupaten Kepulauan Meranti semakin termotivasi untuk menjadi pemuda yang berperan aktif dalam kebaikan dan kemajuan umat.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kajian Spesial Remaja Sambut Tahun Baru Islam 1446 H

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x