terkini

Ads Google

Raih Akreditasi A Universitas Terbuka 2024: Bukti Mutu Pendidikan

Redaksi
7/06/24, 20:55 WIB Last Updated 2024-07-06T13:55:09Z

 



KABARAN JAKARTA, - Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) Universitas Terbuka (UT) mencapai puncaknya di tahun 2024 dengan memperoleh predikat A. Sejak berdiri 40 tahun silam, UT telah konsisten menjalankan mandat pemerintah untuk memberikan akses pendidikan tinggi kepada masyarakat Indonesia. Akreditasi ini menjadi bukti bahwa UT tidak hanya fokus pada kuantitas, tetapi juga kualitas pendidikan yang sesuai standar.


Pada 18 Juni 2024, masa akreditasi sebelumnya berakhir. UT telah menyiapkan dokumen akreditasi sejak 2022, dengan submit terakhir pada 18 Desember 2023. Proses akreditasi menggunakan instrumen tujuh standar khusus Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (PTJJ), yang mencakup aspek Visi, Misi, Tata Kelola, Mahasiswa, Sumber Daya Manusia, Keuangan, Sarana Prasarana, Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat.


Pada 16 Mei 2024, dilakukan Asesmen Lapangan APT UT secara hybrid di Auditorium Fakultas Sains dan Teknologi serta melalui Zoom Meeting. Kegiatan ini melibatkan seluruh Civitas Academica UT dan dimulai dengan pemaparan oleh Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. Rektor menyampaikan bahwa kualitas proses PTJJ dipelihara melalui sertifikasi dari the International Council for Open and Distance Education (ICDE) dan tahapan strategis 2021-2035 yang terdiri dari tiga tahap utama.


Tahapan pertama, yang berlangsung dari 2021-2025, adalah integrasi jejaring Cyber University. Tahap kedua, yang berlangsung dari 2026-2030, berfokus pada penciptaan Ekosistem Pendidikan Digital. Tahap ketiga, yang berlangsung dari 2031-2035, bertujuan menciptakan Ekosistem Digital yang tangguh. Selama asesmen lapangan, diskusi antara para asesor dan pimpinan UT membahas solusi untuk menghadapi berbagai kendala, program operasional turunan dari Rencana Strategis UT, dan program besar setelah berubah status menjadi Perguruan Tinggi Badan Hukum (PTN-BH).


Hasil Asesmen, yang ditetapkan melalui No. SK: 1282/SK/BAN-PT/Ak/PT/VII/2024, menyatakan UT mendapatkan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) dengan Peringkat A pada 02 Juli 2024. Rektor UT, Prof. Ojat menyampaikan rasa syukur atas pencapaian ini. “Alhamdulillah melalui perjuangan yang sangat panjang, kerja keras, dan komitmen dari seluruh pimpinan dan staf, pada 2 Juli 2024, UT mendapatkan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) ‘A’ dari Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT),” ungkapnya. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh keluarga besar UT dan pihak terkait yang berkontribusi.


Peningkatan kualitas UT dapat dilihat dari berbagai layanan pendidikan yang mengalami peningkatan, seperti registrasi, LPKBJJ, tutorial, hingga ujian. Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat juga meningkat dengan publikasi dosen yang bertambah baik secara kuantitas maupun kualitas. Akreditasi A ini menunjukkan komitmen UT dalam menjamin mutu pendidikan tinggi, sejalan dengan regulasi pemerintah.


UT memiliki Sistem Penjaminan Kualitas (Simintas) yang mencakup 12 area, mulai dari kebijakan dan perencanaan, manajemen internal, hingga kerja sama. Simintas ini menjadi pegangan bagi seluruh proses bisnis UT dan dilaksanakan oleh seluruh unit, baik di UT Pusat maupun di UT Daerah. Dalam Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), UT melaksanakan Asesmen Mutu Internal (AMI) secara rutin dan asesmen Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh (MPJJ) bagi seluruh UT Daerah. Untuk Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME), UT melakukan proses akreditasi untuk institusi dan program studi serta sertifikasi untuk institusi, manajemen keamanan informasi, perpustakaan, dan kearsipan.


Hasil gemilang ini tidak lepas dari kerja keras, kolaborasi, dan sinergi dari seluruh Civitas Academica dan para stakeholder UT. Dengan akreditasi saat ini, UT diharapkan terus menjadi yang terdepan dan terpercaya dalam penyelenggaraan PTJJ, serta konsisten memperluas jangkauan pendidikan tinggi berkualitas dunia menuju World Class University.


Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Mohamad Yunus, S.S., M.A., menyampaikan, “UT akan bergerak menuju apa yang menjadi balikan dari para asesor BAN PT saat asesmen lapangan, Insyaallah ke depannya UT akan makin baik dan lebih membanggakan,” ungkapnya. Akreditasi ini menjadi bukti nyata komitmen UT dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Raih Akreditasi A Universitas Terbuka 2024: Bukti Mutu Pendidikan

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x