terkini

Ads Google

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Meranti Gelar Lomba Memasak Berbahan Sagu

Redaksi
8/20/24, 16:37 WIB Last Updated 2024-08-20T09:37:40Z


KABARAN MERANTI – Dalam rangka memeriahkan HUT ke-79 Republik Indonesia, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kepulauan Meranti menggelar Lomba Memasak Berbahan Sagu. Kegiatan tersebut berlangsung pada Senin (19/08/2024) di Halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian.


Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H. Asmar, yang diwakili oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra M. Mahdi, menyampaikan apresiasi kepada Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian atas terselenggaranya lomba tersebut.


"Walaupun sifatnya hiburan dalam rangka memeriahkan HUT RI, lomba memasak ini sangat positif karena dapat menggali keterampilan dalam memasak yang makanan yang bahannya dari sagu," ujar Mahdi.


Lebih lanjut, Mahdi menambahkan bahwa lomba ini juga berperan penting dalam menggali serta mengembangkan sagu sebagai kuliner khas daerah.


"Ini adalah produk unggulan Meranti. Sangat banyak kuliner yang dapat dikembangkan dari sagu ini. Kita harus bangga dan wajib terus mengenalkannya ke seluruh pelosok negeri, terlebih untuk menguatkan Meranti sebagai daerah sagu yang siap menjaga ketahanan pangan nasional," tambahnya.


Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Ifwandi, menjelaskan bahwa lomba tersebut melibatkan berbagai bidang di dinas terkait, Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang tersebar di kecamatan, serta para penyuluh.


Ia juga mengungkapkan rencana untuk memperluas cakupan lomba di tahun depan dengan mengundang seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk turut serta, guna menciptakan inovasi baru berbasis sagu.


"Tahun depan kita akan mengundang seluruh OPD untuk berpartisipasi dalam lomba masakan sagu ini, sehingga dapat tercipta ide-ide baru terkait pengembangan produk turunan sagu," kata Ifwandi.


Ifwandi juga mengingatkan bahwa Kabupaten Meranti pernah meraih rekor MURI dengan mencatatkan 369 produk turunan sagu. Hingga kini, jumlah produk tersebut terus bertambah.


"Kita harus memperkaya khazanah kuliner Meranti, khususnya sagu. Peningkatan konsumsi pangan berbasis sagu harus dimulai dari desa-desa dengan mencari inovasi baru dari bahan sagu ini," tegasnya.


Sebagai daerah dengan luas lahan sagu mencapai 40 ribu hektar dan produksi tahunan sebesar 247 ribu ton, Meranti memiliki potensi besar untuk menjadi salah satu sumber ketahanan pangan nasional.


"Ini harus kita lestarikan, sehingga ke depan, sagu bisa benar-benar menjadi pangan alternatif dan pangan strategis nasional," pungkas Ifwandi.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Meranti Gelar Lomba Memasak Berbahan Sagu

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x