terkini

Ads Google

Rekapitulasi DPS Kepulauan Meranti Berjumlah 150.364 Orang

Redaksi
8/12/24, 10:21 WIB Last Updated 2024-08-12T03:21:40Z



Kabaran Meranti,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Meranti menggelar rapat pleno terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada Minggu, 11 Agustus 2024. Kegiatan ini merupakan bagian dari tahapan penting dalam persiapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Bupati dan Wakil Bupati di tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti tahun 2024.




Rapat pleno terbuka ini dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kepulauan Meranti, Katmuji, dan dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Kapolres AKBP Kurnia Setiawan, Sik MH, Danramil 02 Tebing Tinggi Sutarman, Kepala Dinas Disdukcapil Agustia Widodo, Kaban Kesbangpol Wan Zul, Ketua Bawaslu Syamsurizal, S.Pd MPd, serta para PPK kecamatan, peserta rapat, dan tamu undangan lainnya.




Dalam sambutannya, Katmuji menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh undangan yang hadir, terutama kepada Ketua Bawaslu, Fokompinda, Kapolres, Danramil, dan para media yang telah turut serta dalam menyukseskan tahapan-tahapan menuju Pilkada serentak tahun 2024. "Terakhir, pemutakhiran Data Pemilih Sementara (DPS) yang dilakukan oleh PPK kecamatan terdiri dari 9 kecamatan dan 101 desa atau kelurahan serta 368 TPS, yang nantinya menjadi acuan bagi kita untuk keakuratan dan data pemilih yang berkualitas," imbuhnya.




KPU Kepulauan Meranti telah melaksanakan beberapa tahapan menuju Pilkada serentak, salah satunya adalah proses pencocokan dan penelitian (pantalih) data pemilih. Tahap ini berlangsung dari 24 Juni hingga 24 Juli 2024, melibatkan petugas di tingkat desa, kelurahan, dan kecamatan. Pantalih bertujuan untuk memastikan data pemilih yang ada telah sesuai dan akurat, sehingga pemutakhiran DPS dapat dilakukan dengan tepat.




Dalam rapat pleno tersebut, Katmuji secara resmi membuka acara dengan menyatakan, "Dengan rapat pleno terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti secara resmi saya buka." Selanjutnya, rapat dilanjutkan dengan pembacaan laporan hasil rekapitulasi DPS dari setiap kecamatan.




Rekapitulasi dimulai dari Kecamatan Tebing Tinggi, Rangsang Barat, Rangsang, Tebing Tinggi Barat, Merbau, Pulau Merbau, Tebing Tinggi Timur, Tasik Putri Puyu, dan terakhir Rangsang Pesisir. Hasil rekapitulasi DPS ini mencakup jumlah pemilih di setiap kecamatan dan desa atau kelurahan, serta jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersedia.




Adapun hasil rekapitulasi DPS untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Kepulauan Meranti adalah sebagai berikut:




- Jumlah Kecamatan: 9


- Jumlah Desa/Kelurahan: 101


- Jumlah TPS: 368


- Pemilih Laki-laki: 77.485 orang


- Pemilih Perempuan: 72.879 orang


- Jumlah Total Keseluruhan Pemilih: 150.364 orang




Dari total 150.364 pemilih yang terdaftar dalam DPS, terdapat 3.261 pemilih yang tidak dapat ditemui oleh petugas pantalih. Status pemilih yang tidak bisa ditemui ini akan dibahas lebih lanjut dalam Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP), dengan cara melakukan verifikasi Nomor Induk Kependudukan (NIK).




Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara KPU Kepulauan Meranti ini menjadi acuan penting dalam menentukan jumlah pemilih yang berhak memberikan suara pada Pilkada serentak 2024. Dengan data yang akurat, diharapkan proses demokrasi di Kabupaten Kepulauan Meranti dapat berjalan lancar dan sesuai dengan aturan yang berlaku.




Ketua KPU Kepulauan Meranti, Katmuji, menegaskan komitmennya untuk memastikan setiap tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dilakukan secara transparan dan akuntabel. "Kami akan terus bekerja keras untuk memastikan data pemilih yang ada benar-benar akurat dan dapat dipertanggungjawabkan," tuturnya.




Tahapan pemutakhiran DPS ini menjadi bagian penting dalam persiapan Pilkada serentak tahun 2024, di mana setiap warga negara memiliki hak yang sama untuk berpartisipasi dalam menentukan pemimpin mereka. Dengan melibatkan berbagai pihak dan melakukan verifikasi data secara menyeluruh, diharapkan hasil Pilkada nanti dapat mencerminkan kehendak masyarakat di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Rekapitulasi DPS Kepulauan Meranti Berjumlah 150.364 Orang

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x