terkini

Ads Google

Restuardy Daud Serahkan Penghargaan di ASKOMPSI 2024

Redaksi
8/06/24, 13:24 WIB Last Updated 2024-08-06T06:24:32Z



Kabaran Jakarta,- Restuardy Daud serahkan penghargaan pada ajang ASKOMPSI Digital Leadership Government Awards 2024 di Jakarta Convention Center. Dalam acara tersebut, Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Restuardy Daud, hadir memberikan penghargaan dan menyampaikan lima arahan presiden terkait percepatan transformasi digital di Indonesia.



Acara penghargaan ASKOMPSI ini diadakan oleh Asosiasi Diskominfo Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI) dan bertujuan untuk mengakselerasi transformasi digital di pemerintahan daerah. 



"Akselerasi percepatan transformasi digital merupakan salah satu pilar kebijakan utama Indonesia saat ini. Terlepas dari semua tantangan yang ada, telah banyak peluang terbuka untuk mempercepat agenda transformasi digital nasional agar dapat menciptakan ekosistem digital yang kuat dan sejahtera," ungkap Restuardy.



Pada kesempatan tersebut, Restuardy Daud juga menguraikan lima arahan presiden yang meliputi perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital, roadmap transformasi digital di sektor-sektor strategis, percepatan integrasi pusat data nasional, persiapan kebutuhan SDM talenta digital, serta regulasi, skema pendanaan, dan pembiayaan transformasi digital. 



Ke depan, Restuardy berharap adanya layanan terpadu dalam satu portal, proses yang sederhana, cepat, mudah, dan transparan, akses dengan identitas digital untuk keamanan data pribadi tanpa menggunakan KTP, serta pengisian data hanya satu kali untuk berbagai layanan.



"Dengan adanya SE Mendagri dimaksud dapat memperkuat peran pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota untuk memastikan keterpaduan layanan digital nasional," jelas Restuardy.



Surat Edaran (SE) Mendagri No 000.9.3.2/92/SJ tanggal 5 Januari 2024, yang ditujukan kepada Gubernur, Bupati, dan Walikota, menjadi salah satu langkah untuk mendorong dan memperkuat peran pemerintah daerah dalam transformasi digital. SE tersebut membahas keterpaduan layanan digital pemerintah dan konsolidasi perencanaan dan penganggaran belanja TIK sesuai arsitektur SPBE Pemda.



Dalam peranannya, Kementerian Dalam Negeri menekankan tiga poin penting. Pertama, mendorong daerah untuk mengintegrasikan kebijakan nasional terkait pemerintahan digital dalam dokumen perencanaan dan penganggaran daerah. Kedua, melakukan sinkronisasi pembangunan antara pemerintah pusat dan daerah serta antar pemerintah daerah untuk mempercepat implementasi kebijakan pemerintahan digital. Ketiga, melakukan evaluasi capaian daerah terkait dengan pelaksanaan kebijakan pusat.



Sebagai bentuk dukungan terhadap ASKOMPSI Digital Leadership Government Awards, Ditjen Bina Bangda, Kemendagri, sebelumnya telah melakukan fasilitasi Radiogram ke seluruh Sekda provinsi dan kabupaten/kota untuk mendukung pelaksanaan acara ini. Selain itu, pelaksanaan dan penyerahan penghargaan kepada pemenang ASKOMPSI Digital Leadership Government Awards 2023 telah dilakukan oleh Wakil Menteri Dalam Negeri yang diwakilkan oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri.



Pada ASKOMPSI Digital Leadership Government Awards 2024, serangkaian tahapan telah dilaksanakan, mulai dari registrasi, visitasi, hingga paparan yang dinilai oleh tim pakar independen ASKOMPSI. Sembilan Sekda terpilih menerima penghargaan berdasarkan hasil penilaian tiap tahapan, terdiri dari tiga provinsi (Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Lampung), tiga kota (Mojokerto, Cimahi, Balikpapan), dan tiga kabupaten (Gresik, Trenggalek, Pekalongan).



"Kami mengucapkan selamat atas suksesnya pelaksanaan ASKOMPSI Digital Leadership Government Awards 2024, diharapkan dengan adanya penghargaan kepada Sekretaris Daerah dapat membantu dalam mengarahkan perubahan dan memberikan teladan dalam tindakan sebagai Kepala Administratif Pemerintahan menuju digitalisasi di daerah, dan kami berharap kegiatan ini dapat menjadi salah satu ajang untuk dapat mewujudkan percepatan Transformasi Digital di Indonesia," tutup Restuardy.


Dengan adanya penghargaan ini, diharapkan transformasi digital di Indonesia dapat berjalan lebih cepat dan efisien, menciptakan ekosistem digital yang lebih baik dan berkelanjutan. Restuardy Daud serahkan penghargaan ini sebagai simbol komitmen pemerintah dalam mendorong transformasi digital di seluruh daerah di Indonesia.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Restuardy Daud Serahkan Penghargaan di ASKOMPSI 2024

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x