terkini

Ads Google

Kirab Api PON XXI Aceh Sambangi 15 Kabupaten/Kota dalam 7 Hari

Redaksi
9/02/24, 18:36 WIB Last Updated 2024-09-02T11:36:10Z



KABARAN ACEH,- Kirab Api Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang berasal dari api abadi di Gunung Jaboi, Kota Sabang, kini telah memasuki hari ke-7 perjalanannya di wilayah Aceh. Hingga Senin (2/9/2024), api suci ini telah melalui 13 kabupaten/kota di Aceh.


Perjalanan Kirab Api PON dimulai dari Sabang, titik paling barat Indonesia, dan kemudian melanjutkan rutenya ke Aceh Jaya, Simeulue, Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Singkil, dan Subulussalam. 


Saat tiba di Subulussalam, prosesi serah terima estafet Kirab Api PON XXI dilaksanakan. Tim Kirab Api PON Aceh menyerahkan api kepada Tim Kirab Api PON dari Provinsi Sumatera Utara dalam upacara yang berlangsung di Lapangan Desa Prulihen, Kecamatan STU Jehe. Pj Wali Kota Subulussalam, Azhari, yang mewakili Pj Gubernur Aceh, secara resmi menyerahkan api kepada Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor, yang mewakili Pj Gubernur Sumut.


Acara ini disaksikan oleh ribuan masyarakat yang memadati lapangan, menunjukkan antusiasme mereka terhadap momen bersejarah ini. Setelah prosesi serah terima, Kirab Api PON XXI melanjutkan perjalanannya menuju Kabupaten Aceh Tenggara dan Gayo Lues.


Sebelumnya, pada Minggu (1/9), Kirab Api PON XXI telah tiba di Kabupaten Aceh Tamiang, yang dikenal sebagai Bumi Mude Sedie, dan diterima dengan penuh semangat oleh ribuan warga setempat di lapangan upacara Kantor Bupati. Api PON ini kemudian diinapkan di Pendopo Bupati Aceh Tamiang.


Pada pagi hari ini, Pj Bupati Aceh Tamiang, Asra, secara resmi melepas Tim Kirab Api PON XXI menuju Kota Langsa. Setibanya di Langsa, Tim Kirab Api disambut dengan meriah oleh Pj Wali Kota Langsa beserta Forkopimda setempat di Lapangan Merdeka Langsa.


“Alhamdulillah, setelah perjalanan selama tujuh hari, Kirab Api PON Aceh telah berhasil menyapa 15 kabupaten/kota, termasuk prosesi estafet di Pakpak Bharat. Setelah Dzuhur nanti, api akan singgah di Kabupaten Aceh Timur dan sore harinya akan menuju Aceh Utara untuk diinapkan di sana,” ujar Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Aceh.


Akkar, yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Upacara PB PON XXI 2024 Aceh-Sumut Wilayah Aceh, menambahkan, “Kami sangat menghargai sambutan yang luar biasa dari masyarakat, para siswa, serta seluruh jajaran Pemko Langsa. Mari kita gaungkan semangat ini kepada seluruh kontingen PON XXI di seluruh Nusantara, bahwa Aceh siap menyukseskan PON XXI dan menyambut tamu-tamu dengan ramah,” pungkasnya.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kirab Api PON XXI Aceh Sambangi 15 Kabupaten/Kota dalam 7 Hari

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x