terkini

Ads Google

KPK Dalami Kasus Gratifikasi dan Pencucian Uang Mantan Bupati Meranti

Sri Handayani
9/14/24, 01:12 WIB Last Updated 2024-09-13T18:18:53Z
KPK Dalami Kasus Gratifikasi dan Pencucian Uang Mantan Bupati Meranti
KPK Dalami Kasus Gratifikasi dan Pencucian Uang Mantan Bupati Meranti (Foto: Antara)

Kabaran.Id, Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendalami dugaan gratifikasi dan pencucian uang yang melibatkan mantan Bupati Kepulauan Meranti, Muhammad Adil (MA).

"Kami mendalami pengetahuan saksi-saksi serta keterlibatan mereka dalam dugaan penerimaan gratifikasi dan pencucian uang yang dilakukan oleh tersangka Bupati MA," ungkap Juru Bicara KPK, Tessa Mahardhika, Rabu, di Jakarta, dilansir dari Antara Sabtu 14 September 2024.

Tessa menyebutkan bahwa pemeriksaan dilakukan di Kantor Polda Riau, Pekanbaru, melibatkan lima saksi, termasuk Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kepulauan Meranti, Fajar Triasmoko.

Selain itu, direktur CV Pura Meranti Jaya, Misjan, bersama Tina Ria S, dan dua karyawan swasta, Laila serta Suci Rahman alias Genjes, juga diperiksa.

"Saksi-saksi hadir semua," tambah Tessa.

Sebelumnya, penyidik KPK pada 21-26 Juni 2024 menyita 40 bidang tanah terkait penyidikan dugaan korupsi dan pencucian uang yang melibatkan Muhammad Adil. Tanah yang disita tersebut diperkirakan senilai Rp5 miliar.

Muhammad Adil ditangkap oleh tim KPK dalam operasi tangkap tangan (OTT) pada Kamis, 6 Juni 2023, dan langsung ditetapkan sebagai tersangka pada hari yang sama. Ia kemudian divonis 9 tahun penjara atas kasus korupsi yang menyebabkan kerugian negara lebih dari Rp19 miliar.

Pada 27 Maret 2024, KPK kembali menetapkan Muhammad Adil sebagai tersangka terkait dugaan gratifikasi dan pencucian uang dengan nilai gratifikasi mencapai puluhan miliar rupiah, termasuk aset tanah dan bangunan. (Bd20) *
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • KPK Dalami Kasus Gratifikasi dan Pencucian Uang Mantan Bupati Meranti

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x