terkini

Ads Google

Plt Bupati Asmar Minta Aparatur Desa di Meranti Jaga Netralitas dalam Pilkada 2024

Redaksi
9/09/24, 15:46 WIB Last Updated 2024-09-09T08:46:51Z


KABARAN MERANTI – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H. Asmar, hadir dan membuka acara Sosialisasi serta Ikrar Netralitas Kepala Desa/Lurah terkait Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti 2024. Acara ini digelar di Ballroom Grand Meranti Hotel, Selatpanjang, pada Senin (9/9/2024).


Dalam sambutannya, Asmar memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Menurutnya, netralitas aparatur pemerintah desa merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga proses pemilihan yang adil dan menghasilkan pemimpin yang berkualitas.


"Netralitas aparatur desa adalah kewajiban. Sikap ini akan menghasilkan pemimpin yang baik dan mampu memajukan Kabupaten Kepulauan Meranti," kata Asmar.


Ia juga menekankan bahwa dengan tidak berpihak pada calon tertentu, aparatur desa bisa menjaga stabilitas wilayah selama berlangsungnya Pilkada 2024 di Kepulauan Meranti.


"Saya tegaskan, semua aparatur desa harus netral dan tidak terlibat dalam politik praktis," ujar Asmar dengan tegas.


Lebih lanjut, Asmar mengimbau kepala desa dan lurah untuk menjauhi kegiatan kampanye dan tetap bersikap netral terhadap seluruh pasangan calon.


"Kita berharap Pilkada 2024 dapat berjalan lancar, aman, dan demokratis," tambahnya.


Pada kesempatan yang sama, Ketua Bawaslu Kepulauan Meranti, Syamsurizal, menegaskan bahwa kepala desa wajib bersikap netral dalam Pemilu dan Pilkada. Ia menjelaskan bahwa tugas kepala desa adalah memberikan edukasi politik yang benar kepada masyarakat.


"Sebagai kepala desa, mereka harus memberi pendidikan politik yang benar dan tidak boleh terlibat dalam politik praktis," ujar Syamsurizal.


Larangan bagi kepala desa untuk terlibat dalam politik praktis telah diatur dalam Undang-Undang No. 10 Tahun 2016. Pelanggaran terhadap aturan ini akan dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.


Acara pembukaan tersebut juga diisi dengan pembacaan dan penandatanganan ikrar netralitas oleh para kepala desa dan lurah untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2024 di Kepulauan Meranti.


Hadir dalam acara ini antara lain jajaran Forkopimda Kepulauan Meranti, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, anggota Bawaslu Provinsi Riau, Ketua KPU Kepulauan Meranti, pimpinan partai politik, serta kepala desa/lurah se-Kepulauan Meranti.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Plt Bupati Asmar Minta Aparatur Desa di Meranti Jaga Netralitas dalam Pilkada 2024

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x