terkini

Ads Google

Pendaftaran Calon Anggota PWI Riau Diperpanjang hingga 3 November

Redaksi
10/19/24, 17:56 WIB Last Updated 2024-10-19T10:56:40Z


Kabaran Pekanbaru ,– Pendaftaran calon anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau diperpanjang dua pekan, dengan jadwal ujian yang baru akan dilaksanakan pada 3 November 2024. Penundaan ini dilakukan untuk menghormati pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia pada 20 Oktober 2024, serta memberikan kesempatan tambahan bagi para calon peserta untuk mendaftarkan diri.


Pelaksana Tugas (Plt) Ketua PWI Riau, H. Dheni Kurnia, menyatakan bahwa keputusan ini diambil berdasarkan rapat panitia dan masukan dari berbagai pihak. "Kita undur pelaksanaan testing calon anggota baru PWI Riau untuk menghormati proses pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI," ujarnya pada Sabtu (19/10/2024). Para peserta yang sudah mendaftar telah diberi informasi terkait perubahan jadwal ini.


Plt Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Riau, Tun Akhyar, menjelaskan bahwa sebagian calon peserta sudah melengkapi persyaratan yang diperlukan, sementara lainnya masih dalam proses. "Kami menghimbau seluruh peserta agar segera melengkapi dokumen persyaratan agar dapat mengikuti testing nantinya," katanya.


Testing calon anggota baru PWI Riau ini terbuka untuk wartawan dari berbagai kabupaten dan kota di Provinsi Riau. Sebelum ujian dimulai, peserta akan mengikuti orientasi terkait organisasi dan profesi, termasuk pembekalan mengenai aturan PWI, Undang-Undang Pers, dan Kode Etik Jurnalistik.


Tim penguji dalam proses seleksi ini terdiri dari para ahli, seperti H. Dheni Kurnia, DR. H. Syafriadi, MHum, DR. H. Eka Putra, serta Saparuddin Koto. Mereka akan memberikan ujian dalam bentuk wawancara dan penilaian lisan untuk menguji pemahaman peserta terhadap materi yang disampaikan dalam orientasi.


Untuk mendaftar, calon anggota harus mengirimkan pernyataan tertulis melalui pesan WhatsApp kepada panitia dengan format yang telah ditentukan. Mereka juga diharapkan untuk melengkapi sejumlah dokumen penting, termasuk fotokopi ijazah, surat keterangan dari pimpinan redaksi, dan bukti karya jurnalistik dalam tiga bulan terakhir.


Selain itu, peserta diwajibkan membayar biaya orientasi dan ujian sebesar Rp250.000, serta mempersiapkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang akan diserahkan setelah dinyatakan lulus ujian dan mendapatkan kartu anggota muda PWI Riau. 


Dengan perpanjangan waktu ini, diharapkan lebih banyak wartawan di Riau yang dapat memanfaatkan kesempatan untuk bergabung menjadi bagian dari PWI, sekaligus meningkatkan profesionalisme dalam menjalankan tugas jurnalistik.


KI 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pendaftaran Calon Anggota PWI Riau Diperpanjang hingga 3 November

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x