terkini

Ads Google

Penetapan Pimpinan DPRD Kepulauan Meranti Resmi Diumumkan

Redaksi
10/19/24, 20:43 WIB Last Updated 2024-10-19T13:43:51Z


Kabaran Meranti , – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Meranti menggelar Rapat Paripurna ke-3 pada Masa Persidangan Pertama Tahun 2024, Kamis (17/10/2024). Agenda utama rapat tersebut adalah pengumuman dan penetapan calon pimpinan DPRD dari Partai Amanat Nasional (PAN) untuk periode 2024-2029. Rapat dipimpin oleh Ketua Sementara DPRD, Khalid Ali, dan dihadiri oleh anggota DPRD, Pejabat Forkopimda, serta Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Kepulauan Meranti.


Dalam pidatonya, Khalid Ali menekankan pentingnya penetapan pimpinan DPRD yang definitif agar fungsi legislatif dapat berjalan dengan baik dan kebijakan yang diambil dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. "Legalitas kebijakan yang dibuat harus dijaga agar tugas dan fungsi DPRD dapat dilaksanakan secara optimal," ujar Khalid.


Berdasarkan Peraturan DPRD Kepulauan Meranti Nomor 01 Tahun 2019 Pasal 39 Ayat (1) dan (2), partai politik yang berhak atas kursi pimpinan DPRD dapat mengajukan calon untuk diumumkan dan ditetapkan melalui Rapat Paripurna. Calon pimpinan tersebut kemudian akan diajukan kepada Gubernur Riau melalui Bupati untuk mendapatkan pengesahan.


Dalam rapat tersebut, Ardiansyah ditetapkan sebagai Wakil Ketua DPRD Kepulauan Meranti dari PAN. Sebelumnya, Khalid Ali dari PDI Perjuangan dan Anton Sidharta dari PKB juga telah diajukan sebagai calon pimpinan DPRD berdasarkan surat dari masing-masing partai.


Sopandi, Wakil Ketua Sementara DPRD yang juga Sekretaris DPD PAN Kepulauan Meranti, menyatakan bahwa pengumuman penetapan pimpinan telah dilaksanakan sesuai prosedur. Ia juga membantah tudingan bahwa PAN menghambat proses penetapan pimpinan DPRD. "Kami tunduk pada pimpinan partai, namun keputusan diambil dengan penuh pertimbangan melalui proses klarifikasi," ungkapnya.


Sopandi menambahkan bahwa jabatan bukanlah prioritas utama. "Bagi kami, kepentingan masyarakat jauh lebih penting daripada ambisi pribadi. Tidak ada ruang untuk isu bahwa PAN menghambat jalannya pemerintahan," katanya.


Ia juga berterima kasih kepada Ketua DPD PAN, Fauzi Hasan, yang telah menjaga konsistensi kursi PAN selama tiga periode. Sopandi berharap bahwa DPRD Kepulauan Meranti dapat bekerja secara efektif untuk kepentingan masyarakat. "Semoga Ardiansyah dapat menjalankan tugas sebagai Wakil Ketua DPRD dengan amanah," tutupnya.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Penetapan Pimpinan DPRD Kepulauan Meranti Resmi Diumumkan

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x