terkini

Ads Google

Seragam Sekolah Gratis, buat nyaman anak-anak kita ke sekolah

Redaksi
10/18/24, 08:08 WIB Last Updated 2024-10-18T01:29:45Z





Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kepulauan Meranti sangat rendah di bandingkan 12 kabupaten kota di Riau. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) ini 
dibangun melalui tiga pendekatan, kesehatan, kehidupan yang layak dan 

pengetahuan.



Pertama dalam mengukur dimensi kesehatan, data yang digunakan adalah data angka harapan hidup dan kelahiran, dan berkaitan dengan fasilitas kesehatan yang memadai, serta tepat dalam menata pembangunan sarana dan prasarana kesehatan. 



Kedua Mengukur dimensi kehidupan layak digunakan data indikator dari daya beli masyarakat terhadap kebutuhan pokok yang dilihat dari rata-rata pengeluaran per kapita, kita bisa melihat dan merasakan potret Meranti Kita.  



Ketiga dimensi pengetahuan digunakan gabungan data dari indikator angka melek huruf dan rata-rata lama sekolah. 



Dimensi ketiga menjadi persoalan yang menarik, dimensi pertama dan kedua akan saya sampaikan juga InsyaAllah di kemudian hari. 



Untuk Indeks Pembangunan Manusia saya coba membahas soal IPM dimensi pendidikan, setiap saya turun kampanye dialogis, sering bertanya soal seragam sekolah gratis yang akan bapak wujudkan, dan juga puluhan wa yang masuk ke saya..pertanyaan yang sama seragam sekolah gratis, begitu pentingnya dan antusias program strategis seragam Sekolah
Gratis untuk masyarakat Meranti.



Bantuan seragam sekolah bagi siswa dirasakan amat berarti bagi orang tua. Bantuan itu kian terasa di masa ekonomi yang sulit, lapangan pekerjaan minim, pendapatan rumah tangga ada, tapi sedikit bahkan tak cukup memenuhi kebutuhan dasar keluarga. 



Saya bisa merasakan bagaimana awal tahun ajaran baru masuk sekolah anak satu dua bahkan tiga. Dan ini tambahan beban orang tua. Latar belakang ini menjadi Kebijakan strategis saya dan pak Fauzi Hasan untuk meringankan beban orang tua, sekaligus mendorong siswa semangat dalam menimba ilmu. Program seragam sekolah gratis sudah menjadi komitmen jika di berikan amanah oleh masyarakat Meranti, sisi lainnya untuk memastikan tidak lagi anak-anak di Meranti yang putus sekolah hanya karena terkendala perlengkapan seragam. Pemerintah daerah harus hadir untuk memenuhi hak dasar masyarakat. Pertanyaan berikutnya. 



Bagaimana memperoleh semua perlengkapan sekolah untuk kebutuhan peserta didik baru di jenjang pendidikan dasar itu? Pengadaan seragam sekolah Gratis tidak didatangkan dari luar Kepulauan Meranti. Pengerjaannya diserahkan kepada penjahit lokal untuk memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kepulauan Meranti Dengan begitu, kesejahteraan penjahit lokal meningkat, perekonomian daerah tumbuh.



Semoga bermanfaat untuk Meranti Hebat dan Nyaman anak-anak kita ke sekolah. 

Masrul Kasmy, Selatpanjang 17 Oktober 2024
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Seragam Sekolah Gratis, buat nyaman anak-anak kita ke sekolah

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x