terkini

Ads Google

Sepasang Collection: UMKM Sepatu Wanita Bogor yang Siap Tembus Pasar Global

Redaksi
4/10/25, 14:59 WIB Last Updated 2025-04-10T07:59:48Z




KABARAN BOGOR — Pertumbuhan industri sepatu lokal di Indonesia terus menunjukkan tren positif. Salah satunya ditunjukkan oleh Sepasang Collection, brand sepatu wanita asal Bogor yang digagas pasangan muda Andrew Fernando Heryanto dan Velicia Emeralda sejak 2020. Berangkat dari passion di dunia fesyen dan situasi pandemi, kini Sepasang Collection menjelma sebagai pelaku UMKM yang menjanjikan, dengan kualitas produk yang stylish, nyaman, dan tetap terjangkau.


“Sepasang Collection lahir dari keinginan kami menghadirkan sepatu perempuan yang fashionable namun tetap affordable. Walau berawal dari keterbatasan, kami kini melihat peluang besar, bahkan untuk ekspor,” ungkap Andrew. Ia menyebutkan, lebih dari 70 persen penjualan saat ini berasal dari platform Shopee, dengan lonjakan transaksi hingga 5 kali lipat selama kampanye Big Ramadan Sale.


Kunci keberhasilan mereka terletak pada strategi digital yang cermat. Sejak awal, brand ini memanfaatkan fitur interaktif Shopee seperti Shopee Live dan Shopee Video untuk membangun koneksi dengan konsumen serta mendorong konversi penjualan. “Live streaming memungkinkan kami berinteraksi langsung dengan pelanggan dan memberikan promo eksklusif,” Velicia menambahkan.


Dengan lebih dari 200 jenis sepatu, Sepasang Collection terus berinovasi mengikuti tren mode. Mereka juga memberdayakan tenaga kerja lokal dan menggunakan bahan baku dalam negeri. Tak hanya fokus pada desain, mereka juga mengutamakan pelayanan, termasuk kecepatan respon, program loyalitas, dan layanan purna jual yang memuaskan.




Mereka mengusung misi menjadi brand lokal yang tak hanya unggul dari sisi produk, tetapi juga menciptakan lapangan kerja bagi generasi muda. Sepatu rancangan mereka memiliki desain eksklusif namun tetap nyaman dan ramah di kantong, serta terus menghadirkan koleksi baru yang relevan dengan kebutuhan pasar.


Tahun 2025 disebut Andrew dan Velicia sebagai momen penting bagi ekspansi brand mereka. Selain memperkuat kampanye di Shopee, mereka juga menyiapkan koleksi spesial untuk momen tertentu seperti lebaran dan musim liburan. Mereka juga melihat tren sepatu yang lebih fungsional dan berkonsep sustainable akan semakin diminati.


Untuk anak muda yang ingin merintis bisnis, Andrew dan Velicia membagikan dua kiat utama: membangun tim yang solid serta memahami pasar dan teknologi digital. “Inovasi dan adaptasi itu kunci. Bangun jaringan, cari mentor, dan jangan berhenti belajar,” kata Andrew.


Sebagai bagian dari upaya mendorong UMKM, Shopee menghadirkan program Jagoan UMKM, kompetisi berbasis reality show yang menguji kemampuan pelaku usaha dalam mengelola bisnis mereka. Pendaftaran dibuka hingga 30 April 2025 melalui laman shopee.co.id/m/jagoan-umkm dengan total hadiah Rp1 miliar.


Brand seperti Sepasang Collection menjadi bukti nyata bahwa kolaborasi strategis, semangat inovatif, dan pemanfaatan teknologi bisa membawa UMKM lokal melesat di pasar nasional bahkan internasional.


KI

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sepasang Collection: UMKM Sepatu Wanita Bogor yang Siap Tembus Pasar Global

Terkini

Topik Populer

Iklan

Close x